Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh publisher google adsense pemula yang baru bergaung menjadi publisher google adsense adalah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan PIN google adsense, dari mulai bagaimana cara mendapatkan PIN google adsense? dan kapan PIN dikirim, dan bagaimana request PIN, pertanyaan seperti itu dulu pernah juga saya tanyakan ketika baru pertama kali mengenai google adsense.

Apa itu pin adsense ?, Perlu diketahui bahwa PIN adalah kode unik 6 digit sifatnya rahasia yang dikirim oleh google untuk verifikasi alamat si pemilik google adsense, ini untuk memastikan bahwa alamat si penerima bisa dijangkau, akun google adsense yang anda miliki wajib verifikasi alamat dengan cara memasukan PIN yang dikirim oleh pihak google ke alamat yang anda seting di akun google adsense yang anda miliki, jika akun google adsense sudah verifikasi alamat maka akun google adsense anda akan bisa digunakan untuk menerima pencairan dana dari pendapatan google adsense yang anda peroleh.

Bagaimana cara mendapatkan PIN google Adsense ?

Ada 3 kali kesempatan yang diberikan google untuk mengirim PIN untuk anda masukan di akun adsense anda, PIN pertama sebenarnya tidak harus diminta, tapi google akan mengirimkannya secara otomatis ke alamat yang anda seting di akun adsennya, Nomor PIN tersebut akan langsung dikirim tanpa anda minta ketika pendapatan google adsense yang anda peroleh sudah mencapai minimal 10$ atau untuk mata uang rupiah setara dengan nilai $10.

Biasanya Ketika penghaslan adsense anda sudah mencapai minimal 10, di halaman akun adsense anda akan muncul sebuah notifikasi dalam bentuk langsiran berwarna merah yang muncul di bagian atas halaman akun adsense anda yang memberikan informasi bahwa......, dan ketika diklik maka anda akan dibawa ke form isian untuk memasukan PIN adsense yang dikirim oleh google.

Jadi yang harus anda perhatikan, ketika pendapatan google adsense anda sudah mendekati nilai 10$ maka anda harus memastikan bahwa alamat yang diseting di akun adsense anda adalah alamat yang sebenarnya dan mudah sekali dijangkau oleh kantor POS, pengalaman saya semakin alamat mudah untuk dijangkau maka PIN pun akan semakin cepat sampai.

Bagaimana jika PIN tidak datang (request PIN Adsense)?

Ada beberapa kasus yang sering sekali terjadi, salah satunya adalah ternyata PIN dari google adsense tidak kunjung datang. perlu diketahui bahwa setiap kali pengiriman nomor PIN, baik itu untuk PIN pertama yang otomatis dikirim, maupun PIN ke 2 dan ke 3 yang anda minta, masa tenggangnya adalah 1 bulan, jika dalam satu bulan sejak PIN dikirim oleh pikah google tidak kunjung anda terima, maka biasanya di form untuk memasukan nomor PIN akan muncul tombol Request PIN.

Tombol tersebut dapat anda gunakan untuk meminta PIN berikutnya, begitu seterusnya sampai 2 kali permintaan berikutnya. semua PIN yang diminta memiliki nomor yang sama, jadi ketika misalkan PIN ke 2 yang anda minta belum juga datang dan anda sudah terlanjur untuk request PIN ke 3, tetapi tanpa disangka ternyata PIN ke 2 yang anda minta tiba-tiba sampai ke alamat anda, maka anda bisa memasukan PIN tersebut untuk verifikasi alamat di akun adsense anda.

Saya sudah 3 kali Request PIN AdSense tapi belum juga saya terima bagaimana solusinya?

Meskipun ada 2 kali kesempatan untuk meminta PIN, 3 dengan PIN pertama, tetap saja ada kasus ke 3 PIN tidak diterima atau tidak sampai ke alamat kita, bagaimana solusinya jika terjadi demikian?

Jika anda kebetulan mengalami hal semacam di atas maka anda tidak perlu khawatir, karena jika 3x kesempatan PIN belum juga anda terima, maka di akun google adsense anda akan muncul tombol Scan Kartu Identitas, ini adalah langkah terakhir yang anda bisa lakukan, google akan meminta anda untuk men-scan KTP anda lalu menguploadnya. Tapi anda harus pastikan bahwa data identitas yang anda seting di akun adsense anda atau di email anda sama dengan data ktp atau kartu identitas lainnya yang anda scan. jika tombol scan ktp sudah muncul silahkan anda scan ktp anda atau foto menggunakan hp android anda lalu kirim ke google.

Jika berhasil, maka cara ini akan langsung mengaktifkan akun adense anda dan penghasilan google adsense yang anda peroleh memiliki kesempatan untuk dicairkan jika saldo pendapatan google adsense yang anda peroleh sudah mencapai minimal 100$, atau untuk akun adsense IDR penghasilan yang diperoleh stara dengan 100$.

Bolehkah merubah-ubah alamat Pengiriman setiap kali Request PIN?

Nomor PIN google adsense akan dikirm ke alamat yang diseting di akun adsene anda, namun bolehkah alamat di gonta-ganti setiap kali request pin.

Ini terus terang saja pernah saya alami, saya sempat 2 kali merubah alamat, menjelang pengiriman pertama saya menyeting alamat untuk di kirim ke alamat rumah saya yang sulit dijangkau POS dan hasilnya PIN tidak datang, sebelum request PIN ke 2 saya rubah alamat ke alamat orang tua istri, di daerah perkotaan namun sedikit jauh dari kantor POS dan PIN masih belum diterima walaupun saya sempat jemput bola ke pos dan ke kantor kepala desa dan hasilnya nihil pin tidak diterima.

Akhirnya sebelum request PIN ke 3 saya ganti lagi alamat di akun adsense ke alamat kantor tempat saya mengajar less private dimana lokasinya di pusat kota mudah dijangkau dan dekat dengan kantor pos, akhirnya PIN yang dinanti-nanti sampai.

Jadi kesimpulanya anda bisa merubah-ubah alamat pengiriman yang anda seting di akun adsense anda, bisa menggunakan alamat yang sesuai KTP maupun alamat berbeda dengan KTP yang jelas pilih alamat yang mudah dijangkau oleh POS, tapi pastikan bahwa seting perubahan alamat sebaiknya dilakukan sebelum anda melakukan request PIN berikutnya.

Setelah Verifikasi PIN bagaimana cara mencairkan penghasilan dari google adsense ?

Setelah melakukan verifikasi PIN maka penghasilan dari google adsense yang anda peroleh baru bisa anda cairkan, namun anda harus menunggu penghasilan akun google adsense yang anda peroleh harus mencapai minimal 100$.

Untuk publisher di indonesia ada 2 cara yang bisa dipilih untuk mencairkan pendapatan google adsense, cara yang pertama melalui Western union dan cara yang kedua melalui transfer kawat atau transfer antar rekening.

Tapi untuk saat ini karena ada 2 macam jenis akun google adsense US dengan mata uang dollar( $) dan akun adsense IDR dengan mata uang Rupiah (RP), maka metode pencairan pun sedikit berbeda.

Untuk anda yang memiliki akun adsense US (Akun adsense yang pada umumnya diperoleh di masa lalau) yang memiliki mata uang $, maka anda bisa memilih 2 metode pembayaran yaitu, melalui western union (WU) maupun transfer ke rekening bank lokal.

Baca: Cara mencaikan pendapatan google adsense melalui Western Union (WU)

Sedangkan untuk anda yang memakai akun adsense IDR (akun adsense yang diperoleh di tahun 2016 sampai sekarang dengan mata uang rupiah), maka sampai saat ini metode pembayaran yang bisa dipilih adalah melalui transfer bank saja.

Baca : cara mencairkan pendapatan adsense melalui transfer bank

Jadi untuk mencaikan penghasilan google adsense, baik google adsense youtube, admob, dan blog hanya bisa dilakukan melalui transfer bank atau western union (WU). tidak bisa dicairkan melalui paypal.

Tag : AdSense

2 Komentar

avatar

Mas saya mau tanya nih, mohon bantuannya ya mas, gini mas
Penghasilan Youtube Saya di creator studio sudah mencapai $10, akan tetapi penghasilan yang berada pada beranda halaman adsense masih belum bertambah, apakah saya harus meminta pin kepada google atau saya harus menunggu sampai akun adsense saya diupdate ? Mohon bantuannya ya mas,

Balas
avatar

Penghasilan dari youtube akan ditambahkan ke akun adsense biasanya setiap pertengahan bulan dari tgl 13 bulan ybs.

Yang ditambahkan itu adalah penghasilan bulan sebelumnya, jika penghasilan yang mas dapatkan baru pertama kali, itu akan ditambahkan ke akun adsense bulan depan.

PIN akan otomatis jika penghasilan sudah masuk ke akun adsense minimal 10$.

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.