Tips Memulai Usaha Sendiri agar tidak mudah menyerah -Mungkin anda ingat dengan sebuah ungkapan dari sang motivator bisnis: “Tidak perlu hebat untuk memulai usaha, tapi anda harus berani memulai untuk menjadi hebat,  Langkah pertama kadang terasa sulit, tapi pasti memudahkan untuk membuat langkah berikutnya”.


ungkapan tersebut sebenarnya bukan hanya sekedar wacana tapi memang begitu kenyataannya. Dan memang tantangan terbesar dalam memulai usaha adalah di awal usaha itu berjalan, terkadang sulit untukmempertehankan endurance berbisnis, yaitu mempertahankan bisnis terus berjalan meskipun banyak rintangan yang dihadapi, sehingga ide, perencanaan serta usaha yang kita lakukan tidak sia-sia karenaterus digunakan untuk mengembangkan usaha.

Tips memulai usaha sendiri


Tantangan berbisnis memang bisa datang dari mana saja, bisa dari luar perusahaan maupun dari dalam perusahaan itu sendiri terutama dari si pemilik perusahaan, tantangan tersebut terkadang bisa membuat si pembisnis layu ditengah jalan sebelum usahanya berkembang, akhirnya merasa putus asa karena hasil yang ditarget tidak kunjung menuai hasil, padahal sudah mengerahkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit pada akhirnya tidak bersemangat, mundur pelan-pelan dan pada akhirnya bisnisnyapun  bangkrut .

Penomena tersebut sudah lumrah terjadi di dunia bahkan di Negara tercinta ini, ada banyak sekali para pelaku bisnis yang memulai bisnisnya sendiri dari nol namun bisnisnya berhenti ditengah jalan, padahal resiko dalam berbisnis selain modal dan ide adalah proses yang harus terus dijalani seperti mengenalkan usaha baru ke dunia luar, melakukan promosi, namun harus sadar bahwa dalam proses ini pasti ada tantangan dan rintangan yang harus siap dihadapi, jik saja mampu bertahan maka bisa menjadi pengusaha sukses.

Statistik dari beberapa survey enterprenership membuktikan bahwa kebanyakan para pelaku bisnis yang memulai bisnisnya sendiri gagal di tahap-tahap awal, ini disebabkan mereka tidak mampu menghadapi tantangan dan rintangan pada pukulan pertama yang pasti terjadi di dunia bisnis yang penuh dengan  kompetisi.

Oleh karena itu Kiat sukses memulai berbisnis sendiri agar bisnis mampu berkembang dan mampu bertahan selamanya adalah si pembisnis harus mampu mempertahankan endurance berbisnis dengan cara terus dilatih sehingga terbiasa dan bisa menghadapi segala rintangan dan tantangan.

#1 - Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan passion anda

BUntuk memulai berbisnis maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih bisnis yang sesuai dengan passion anda,  benar-benar anda sukai dan anda mampu melakukannya, jika anda mampu memilih bisnis yang sesuai dengan passion maka ini keuntungan yang akan anda dapatkan:
  • Anda tidak akan pernah bosan melakukannya,
  • Anda akan terus berupaya untuk mengorbankan segala hal untuk mencapai kesuksesan bisnis anda,
  • Anda tidak hanya memikirkan keuntungan semata dan
  • Anda akan lebih focus pada bisnis dan usaha anda

Sehingga meskipun banyak sekali rintangan karena anda menyukainya rintangan akan siap untuk dihadapi.
Bisnis yang tidak sesuai pasieon pada akhirnya hanya akan melihat dari sisi keuntungan dan kekayaan semata, sehingga ketika muncul rintangan dan tantangan, semangat akan mudah luntur karena tidak ada motivasi dari dalam diri untuk mempertahankan semangat.

Bagaimana cara memilih bisnis yang sesuai passion?
Untuk memilih bisnis yang sesuai passion sebenarnya sangat mudah jika anda mampu melihat peluang bisnis, anda bisa mencoba memulai bisnis dengan ide dari hal-hal kecil yang anda sangat sukai, misalnya jika anda pandai memasak maka anda bisa memulai binis kuliner, jika anda pandai mendesain pakaian maka anda bisa membuka usaha butik dan lain sebagainya, jika anda hoby membuat kueh maka anda bisa memulai bisnis makanan rumahan, bisnis yang dimulai dari hoby akan menyebabkan bisnis tersebut mampu bertahan dan tidak semata-mata mencari keuntungan semata.

#2 - Memiliki Mimpi Besar

Yang berikutnya tips untuk memula usaha sendiri agar usaha anda tidak mudah gulung tikar adalah anda harus punya mimpi besar, tujuan anda memulai usaha jelas, motivasi anda jelas, pilihlah mimpi yang memang mungkin dikejar dan dilakukan.

Beberapa motivator terkenal, jika anda ingin memulai usaha maka anda harus punya mimpi yang jelas dan spesifik, dan bukan hanya disimpan di benak saja, namun harus anda tulis di sebuah  keretas atau apapun yang dapat and abaca setiap saat dengan begitu maka tujuan anda akan mengakar dalam diri secara kuat.

Jadi secara tidak langsung anda diharapkan punya visi dan misi sebelum memulai membuka usaha sendiri,  kita lihat perusahaan-perusahaan besar pasti tidak terlepas dari visi dan misi yang jelas yang selalu ditanam kokoh berakar pada para karyawannya.

#3 - Selalu belajar dari kegagalan

Pengusaha sukses didunia tidak luput dari kegagalan, yang harus anda takutkan bukan kegagalan tapi selalu berupaya agar anda mampu bangun setiap kali anda gagal, jadi anda harus mampu belajar dari kegagalan, mengevaluasi ke gagalan sehingga anda bisa mengantisifasi hal-hal yang bisa menyebabkan  ke gagalan-kegagalan yang sama yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari.

Banyaklah belajar dari orang-orang sukses, karena dari mereka kita bisa sadar dan tau bahwa membangun usaha itu tidaklah mudah, aka nada proses yang berliku-liku yang mau tidak mau harus kita lalui, dengan belajar dari orang-orang sukses anda akan termotivasi dan semangat untuk melanjutkan usaha anda.

Bacalah kisah orang-orang sukses bagaimana mereka memulai usaha, bagaimana mereka jatuh bangun hingga usahanya bisa menuai kesuksesan, atau sering-seringlah menghadiri seminar atau talkshow yang diadakan oleh para pengusaha sukses yang peduli pada calon pengusaha, sehingga dari hal-hal seperti itu anda bukan hanya dapat menimba ilmu tetapi juga  bisa membangkitkan  semangat anda dalam berusaha, percaya deh…

#4 - Support Keluarga dan Orang-orang terdekat sangat penting

Yang namanya bisnis pasti akan turun naik, ketika sedang jaya mungkin anda bisa bersenang-senang dengan keluarga anda, begitupula ketika bisnis sedang sulit keluarga juga akan terkena imbasnya dan mungkin anggaranpun akan dikurangi untuk berhemat.

Oleh karena itu peranan keluarga sangat penting sekali untuk ikut memberikan dampak pada usaha yang sedang dibangun, jika keluarga mau mengerti maka usaha akan terus berjalan nanti jika dukungan keluarga kurang bahkan tidak mau kompromi dan banyak mengeluh maka usahapun bisa terancam gulung tikar, apalagi gaya hidup keluarga yang tinggi jika tidak bisa menyesuaikand engan situsasi kondisi keuangan maka akan buruk dampaknya untuk usaha anda.

Keluarga sebaiknya mensupport terhadap kondisi perusahaan yang sedang merosot, berilah pengertian kepada keluarga anda bahwa dibalik kesulitan aka nada kemudahaan, yang paling penting adalah adanya komunikasi yang baik antara anda dengan keluarga anda sebelum memulai usaha, jelaskan bahwa bisnis tidak akan selamanya berjalan mulus pasti ada rintangan dan tantangan, dengan komunikasi terbuka maka keluarga akan mampu menyesuaikan diri bahkan memberikan support atau dukungan pada anda ketika perusahaan sedang dalam masa kelam.

Kita harus selalu sadar bahwa kunci sukses dalam membangun usaha adalah bukan hanya tergantung dari kualitas produk, pemasaran dan promosi yang brilian, namun yang paling penting adalah anda harus mampu bertahan ketika menemui rintangan dan tantangan dengan cara mencari pemecahan masalah, meningkatkan semangat berbisnis sehingga bisnis tetap berjalan walaupun stagnan di awal.

Untuk mengembangkan usaha dan bisnis memang tidak bisa dilakukan secara cepat, semuanya perlu proses, perlu terus belajar, dan pasti akanada rintangan dan tantangan yang harus terus untuk dihapi, jika anda mundur sebelum target tercapai ide brilian anda, jerih payah anda, rencana dan target yang anda raih semuanya akan sia-sia belaka dan, jika anda dikemudian hari ingin memulai bisnis maka harus dimulai dari nol lagi.
Tag : bisnis

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.