Trik dahsyat Memasarkan Produk Secara Online melalui Media Social (social media marketing), Apa itu Social Media Marketing?, barangkali tidak sedikit dari anda yang baru mendengar bahkan baru mengenal mengenai apa itu sosial media marketing, namun untuk anda yang sering berkecimpung di dunia internet marketing tentu istilah sosial media marketing tidak asing lagi di telinga anda, sosial media marketing bisa di artikan sebagai teknik pemasaran secara online atau digital dengan memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter google + dan sosial media lainnya yang sedang populer saat ini.

Untuk kalangan para pelaku bisnis, keberadaan sosial media yang beraneka ragam bisa digunakan untuk promosi atau memasarkan produk yang mereka jual, promosi di media sosial dianggap sebagai salah satu bentuk promosi yang sangat potensial dikarenakan situs-situs tersebut pada umumnya memiliki pengguna dengan jumlah yang luar biasanya banyaknya dari berbagai kalangan usia dan tingkat ekonomi yang bermacam-macam, media sosial sudah menjadi alat yang sangat cepat untuk bertukar informasi jika dibandingkan dengan teknik konvensional.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh dengan memanfaatkan promosi menggunakan sosial media, yang pertama sosial media merupakan situs populer yang paling banyak penggunanya dan yang kedua  pada umumnya sosial media didukung oleh fasilitas yang memungkinkan setiap anggota atau pengguna akun media sosial mampu berinteraksi dan berbagi informasi satu sama lain secara cepat,  bisa dalam bentuk status, saling suka, saling berbagi (share), sehingga akan membentuk word of mouth (dari mulut ke mulut) secara cepat.

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita melakukan promosi secara online menggunakan sosial media marketing?

Langkah-Langkah Memasarkan Produk Secara Online Melalui Media Sosial

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menginmplementasikan sosial media marketing sehingga produk anda cepat laku:

1. Menyajikan Halaman Situs atau blog yang dapat mendukung bisnis online anda

Sebelum anda melakukan promosi online khususnya melalui media sosial alangkah baiknya anda menyajikan terlebih dahulu situs yang mampu menyajikan informasi lengkap mengenai apa yang anda promosikan, jika anda berjualan online maka anda harus mampu menyajikan situs yang menyediakan produk online yang anda jugal begitu juga untuk bisnis lainnya, ini tidaklah wajib namun ini cara terbaik yang bisa anda lakukan.

Situs resmi anda akan menjadi landing page (halaman pertama yang dikunjungi) oleh pelanggan atau pengunjung online situs anda, jika kebetulan pengunjung anda ingin mendapatkan informasi lebih detail mengenai apa yang anda tawarkan, mereka harus mampu mengunjungi situs yang anda siapkan bisa melalui link yang anda sertakan.

Situs bisa anda sajikan menggunakan blog gratisan ataupun blog top level domain (TLD) dengan akhiran .com,.net, .org dll, namun yang paling baik adalah membuat situs dengan top level domain agar mampu meningkatkan kepercayaan dari pelanggan anda.

2.  Membuat Halaman khusus Di situs media sosial populer saat ini.

Memang banyak sekali tersedia situs-situs media sosial gratis yang bisa anda pilih,Sebaiknya anda memilih media sosial yang sedang populer saat ini, beberapa media sosial yang sangat populer yang bisa anda pilih diantaranya adalah, facebook, twitter atau google+ , media sosial tersebut menurut saya media sosial yang sangat potensial untuk media pemasaran anda saat ini.

Pada umumnya situs-situs tersebut sudah menyajikan fasilitas untuk membuat halaman khusus seperti misalnya  fanspage di facebook, halaman khusus tersebut layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.

anda bisa memulai membuat fanspage dengan memilih kategori yang sesuai dengan bisnis yang anda promosikan, anda bisa menggunakan fanspage anda tersebut untuk berinteraksi dengan pelanggan atau member yang memiliki minat terhadap produk yang anda jual.

3. Menentukan Target pasar dan Mencari calon pelanggan

Langkah berikutnya adalah mencari target pasar dan calon pelanggan, Anda harus mampu menentukan target pasar untuk produk yang anda tawarkan, apakah untuk kalangan pelajar, ibu rumah tangga, tua-muda atau orang yang memiliki hoby tertentu

Karena target utama anda media sosial maka anda dapat memanfaatkan member media sosial yang memang benar-benar memiliki minat terhadap produk yang anda tawarkan.

Cara untuk mendapatkan calon pelanggan bisa anda mulai dengan mencari group-group facebook yang kemungkinan besar memiliki minat terhadap produk yang anda pasarkan,
Salah satu bentuk Kasusnya seperti dibawah ini:

Misal Anda bermaksud untuk memasarkan produk berupa Jaket Kulit Sport dan juga sarung tangan sport, untuk mendapatkan pelanggan, setidaknya anda harus mampu menemukan grup-group facebook yang kemungkinan besar memiliki minat terhadap produk yang anda pasarkan,
Berikut beberapa langkah untuk mencari pelanggan yang bisa anda lakukan:

a. Cari Group facebook yang kemungkinan besar memiliki minat terhadap produk yang anda pasarkan.
Beberapa group facebook yang bisa anda cari jika yang anda pasarkan adalah sarung tangan dan jaket kulit olah raga diantaranya adalah group penggemar balap motor, atau group-group semacamnya yang kemungkinan besar memiliki minat terhadap produk yang anda pasarkan.

Silahkan anda masuk ke halaman facebook anda, kemudian lakukan pencarian group-group tersebut.
Anda akan menemukan banyak group, silahkan anda pilih beberapa group yang memiliki member yang sudah cukup banyak, joinlah dengan group tersebut dengan mengatasnamakan halaman fanspage anda,sampai anda benar-benar diizinkan bergabung.

b. Jadikan setiap member facebook yang menggemari group tersebut sebagai teman anda, ajaklah untuk berteman 10-15 orang saja setiap hari. jagan terlalu banyak khawatir tindakan anda dianggap spam.

c. Atau anda juga bisa like Status atau komentar member pada group tersebut, dengan melike status maka notifikasi like tersebut akan kelihatan oleh member yang bersangkutan bahwa anda dengan menggunakan fanspage yang anda buat melike mereka, kemungkinan mereka akan melike balik fanspage anda.

Anda bisa melike sebanyak-banyaknya setiap anggota group yang anda anggap memiliki potensi untuk dijadikan calon pelanggan anda.

d. Lakukan cara diatas sampai fanspage anda memiliki banyak penggemar, semakin banyak yang menggemari fanspage anda maka secara tidak langsung anda sudah memiliki calon pelanggan untuk mempromosikan produk yang anda jual,  kemungkinan besar calon pelanggan tersebut bisa dikonversi menjadi pembeli.

4. Lakukan Strategi penjualan yang tepat

Anggap saja Fanspage facebook anda atau folowwe anda di twitter yang anda gunakan untuk media promosi memasarkan produk anda sudah memiliki jumlah like atau jumlah penggemar atau follower yang banyak, langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah menyampaikan pesan promosi agar sampai kepada setiap penggemar halaman fans page anda.


Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, bisa menggunakan cara anda sendiri atau bisa menggunakan strategi penjualan khusus.

Ada dua kategori ketika kita melakukan teknik memasarkan produk secara online, bisa dengan cara halus (Soft Selling) atau bisa cara langsung (hard selling), perbedaan kedua metode tersebut dari segi cara penyampaian pesannya, sebagai berikut:

a. Hard Selling
 adalah strategi pemasaran yang berupa penyampaian pesan yang sifatnya rasional/informasional. Pesan ini bertujuan untuk menyentuh pikiran dan menciptakan respons yg didasarkan pada hal yang sifatnya logis. Tujuan dari hard selling adalah menciptakan penjualan.  Dalam praktik, hard selling ini direpresentasikan dalam bentuk  penjualan langsung (direct selling) dan penjualan promosi ( sales promotion)

Hard selling benar-benar menyampaikan pesan penjualan secara langsung tanpa bertele-tele dan targetnya adalah untuk menciptakan penjualan, misal contoh bentuk hard selling:

"Jual laptop dengan spesifikasi berminat hubungi xxx.xxx.xxx diskon 100%, buruan untuk 10 pembeli pertama"

b. Soft Selling
Sedangkan soft selling adalah strategi penjualan dengan menggunakan metode penyampaian pesan penjualan yang sifatnya emosional, dapat mempengaruhi pelanggan secara emosional, strategi ini berupaya menciptakan respon yang didasarkan pada perilaku, mood, impian, perasaan dan daya tarik emosional. Soft-selling tidak langsung berdampak pada penjualan, namun pada akhirnya bisa menciptakan penjualan.

Pesan soft selling selalu di awali dengan hal-hal yang dapat memancing calon pelanggan secara emosional, contoh strategi soft selling yang paling sering kita jumpai adalah iklan di televisi, banyak diantaranya iklan di televisi yang hanya memperkenalkan produknya tetapi tidak langsung menggunakan pesan penjualan.

Ketika ada iklan shampo ditelevisi misalnya, konten iklan tidak langsung menyampaikan pesan penjualan namun lebih ke pesan emosional seperti  efek setelah memakai samphoo tersebut, atau iklan elektronik misalnya tidak langsung menyampaikan pesan penjualan secara langsung namun lebih memperkenalkan efek positif penggunaan alat elektronik tersebut, apa keuntungannya setelah menggunakan alat elektronik tersebut.


Apa Strategi Yang paling cocok untuk Memasarkan produk melalui media sosial?

Untuk promosi dimedia social strategi yang mana yang paling cocok?, tentu saja strategi yang cocok adalah strategi soft selling, sebelum anda menjual produk, anda bisa mengawali penjualan anda dengan membuat beberapa status-status secara bertahap yang sifatnya bisa mempengaruhi calon pelanggan secara emosional, seperti halnya iklan di tv,

Seperti misal jika anda ingin menjual buku dengan judul  "diet sehat dalam 30 hari", maka anda bisa mengawali penjualan anda dengan membuat pesan-pesan berupa status di media sosial yang sifatnya mendidik misalkan, " bahaya kelebihan berat badan untuk kesehatan", "mengenalkan makanan-makanan sehat untuk diet dll" setelah pesan-pesan secara emosional anda buat berikutnya anda bisa langsung membuat pesan penjualan dengan melibatkan pesan call to action (adanya pemberitahuan diskon, atau keuntungan lainnya yang anda tawarkan sehingga mereka merasa terpancing untuk membeli), misal:

"Ini buku yang pantas buat diet sehat anda" diskon 10% untuk 5 pembeli utama" hubungi xxx.xxx atau klik disini untuk informasi lebih lengkap".

dengan strategi penyampaian pesan diatas berarti anda secara tidak langsung menggunakan strategi soft selling untuk penjualan online anda.


Strategi pemasaran secara online memang bisa anda lakukan dengan cara gratisan shingga minim budget anda atau jika anda cukup modal anda juga bisa menyisihkan modal untuk promosi berbayar dua-duanya bisa anda lakukan dengan tujuan utama untuk menciptakan sistem pemasaran yang efektif, unik dan digemari banyak orang



 


0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.