Untuk mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan dari google adsense memang bukanlah perkara mudah, perlu perjuangan, kerja keras sehingga anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari google adsense, jika penghasilan maksimal maka anda kemungkinan besar dapat menerima pendapatan rutin dari google adsense setiap bulan.

Pada umumnya metode yang digunakan google adsense adalah CPC (Cost per Click) atau BPK (Biaya Per Klik) artinya anda akan mendapatkan komisi atau akan dibayar jika iklan google adsense yang anda pasang pada blog anda mendapatkan klik dari pengunjung blog anda, besar kecilnya penghasilan tentu saja sangat dipengaruhi oleh jumlah visitor blog anda dan juga nilai CPC iklan yang bersangkutan.

Terkadang nilai CPC besar namun jumlah klik iklan sangat sedikit, terkadang juga jumlah klik terhadap iklan luar biasa banyaknya namun nilai CPC kecil, akibatnya pendapatan Anda dari google adsense akhirnya kurang maksimal sehingga anda tidak bisa gajian tiap bulan.

Rahasia Mengoptimalkan Nilai CPC (BPK) Google AdSense


Terlepas dari faktor jumlah iklan dan tata letak iklan, sebenarnya untuk meningkatkan pendapatan google adsense ada 2 faktor yang sangat menentukan, yang pertama adalah jumlah visitor atau pengunjung blog dan yang kedua adalah nilai CPC.

Karena banyaknya publisher google adsense yang mengeluhkan nilai CPC sangat kecil dan tak kunjung naik, maka pada kesempatan kali ini saya ingin sekali berbagi tips bagaimana cara mengoptimalkan nilai CPC google AdSense yang bisa anda coba, sehingga pendapatan adsense anda bisa maksimal.

#A. Kenapa Nilai CPC Google Adsense Anda Kecil? 

Untuk masalah CPC memang dari pihak google yang bersangkutan tidak menjelaskannya secara terperinci, google tidak menjelaskan bagaimana upaya untuk meningkatkan CPC? dan google juga tidak pernah menjelaskan kenapa nilai CPC kecil, apa yang saya uraikan mengenai kemungkinan-kemungkinan nilai CPC kecil yang bersumber dari beberapa blogger yang sudah berpengalaman di dunia adsense adalah sebagai berikut:

#1: Kualitas Konten Asal-Asalan dan kurang berkualitas

Faktor utama kenapa nilai CPC adsense anda kecil adalah kualitas konten yang asal-asalan, kurang berkualitas sehingga pengunjung blog kurang puas, kemungkinan besar google merekam setiap aktivitas pengunjung, ketika dwell time atau waktu yang dihabiskan pengunjung di salah satu artikel anda cukup lama maka bisa diartikan artikel tersebut berkualitas dan bisa berpengaruh terhadap nilai CPC adsense anda, namun tidak jika sebaliknya. 

#2: Adanya Bom Click Terhadap Iklan Adsense Anda

Bom click untuk beberapa kasus kadang terjadi, adsense sudah dapat mengantisifasinya, jika terjadi bom cklick maka mesin adsense akan menjalankan sistem smart pricing secara otomatis dengan cara memperkecil nilai CPC iklan yang bersangkutan, kecil dan semakin kecil.

#3: Sumber visitor non Organik

 Banyaknya visitor yang bersumber dari non-organik atau visitor yang datang bukan dari pencarian google seperti misalnya dari media social seperti facebook, twitter, google + dan media social lainnya bisa terindikasi adanya kecurangan bahwa anda meminta orang lain untuk mengunjungi blog anda untuk melakukan klik iklan, selain dapat menimbulakn lalu lintas tidak valid  pada google adsense yang berdampak dipotongnya penghasilan adsense anda, trafik non organik juga disinyalir bisa menyebabkan nilai CPC iklan adsense anda mengecil.

Visitor non organik bisa datang karena anda menyebar link blog anda baik secara manual maupun otomatis ke beberapa media social, maupun email, jika dilakukan secara otomatis dengan bantuan tool pihak ke 3 mungkin masih bisa ditolelir namun jika anda melakukannya dengan cara manual apalagi secara berlebihan maka sangat berpotensi dibannednya akun adsense anda, jadi berhati-hatilah.

#4: Iklan Tidak Relevan

Yang berikutnya kenapa nilai CPC iklan kecil adalah Iklan tidak relevan dengan content artikel yang dibahas. kurang jelas juga bagaiman teknik perhitunganya namun beberapa publisher berpengalaman menyebutkan ini adalah salah satu faktor nilai CPC untuk iklan yang bersangkutan akan sangat kecil.


#B. Lantas Bagaimana Rahasia Mengoptimalkan Nilai CPC Google AdSense?

Saya sering mendapatkan informasi berupa keluhan secara langsung dari beberapa blogger kenalan saya kenapa nilai CPC google adsense yang ia miliki sangat kecil, blognya berbahasa indonesia namun nilai CPC nya tidak lebih bahkan terkadang kurang dari $0.05,

Tentu nilai tersebut untuk CPC indonesia saya rasa kecil dan berada di bawah normal, karena teman saya lainnya, untuk topik yang sama menghasilkan nilai CPC paling tidak 0.1x$ dan rata-rata 0.12$ terkadang jauh di atas itu, saya kira cukup besar bukan!

Lantas apa kira-kira rahasianya sehingga nilai CPC untuk blog bahasa indonesia agar bisa optima?

Untuk mendapatkan nilai CPC yang optimal (paling tidak >=0.1x$) untuk blog bahasa indonesia ada beberapa hal yang bisa anda upayakan sebagai berikut:

#1: Sajikan  Konten yang benar-benar Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah konten artikel yang benar-benar diperuntukan untuk pengujung blog anda bukan mesin pencari meskipun didalamnya bisa saja anda libatkan optimasi seo onpage sehingga artikel tersebut mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari. 

Konten benar-benar dikatakan berkualitas jika isinya sangat informatif, membuat puas yang membacanya tanpa harus mencari sumber lainnya untuk topik yang sedang dibahas.

Untuk membuat konten berkualitas anda bisa menguraikan topik secara detail, panjang lebar, sehingga paling tidak bisa menghasilkan jumlah kata >=1.000 kata keatas itu akan sangat baik, sajikan juga konten dengan sub-sub judul yang jelas sehingga navigasi artikel menjadi lebih baik, artikel dengan sub judul akan mampu membuat artikel tidak membosankan dan dapat membantu pembaca mencari bagian yang mereka minati secara to the point.

Artikel panjang akan dapat meningkatkan dwell time (memperlama waktu kunjungan pembaca di artikel tersebut) sehingga akan mampu meningkatkan otoritas artikel yang brsangkutan sehingga akan dianggap artikel berkualitas dimata mesin pencari google bukan hanya bisa menyebabkan artikel tersebut diprioritaskan untuk ditemukan diposisi terbaik namun dapat meningkatkan nilai CPC iklan adsense pada artikel tersebut.

Jika anda mengalami yang sama nilai cpc akun adsense anda kecil, silahkan teliti kembali kira-kira seperti apakah konten artikel blog yang anda sajikan, apakah asal-asalan atau mungkin informasinya sangat singkat dan jumlah katanya sedikit?


#2: Bangun trafik organik ke blog anda sebanyak-banyaknya

Trafik organik adalah trafik yang ditimbulkan oleh visitor atau pengunjung blog yang datang murni bersumber dari mesin pencari google.

Memang sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC, saya pernah berdiskusi dengan seorang blogger sekaligus sebagai publisher google adsense, untuk urusan visitor katanya dia  mampu mendatangkan atau menjaring visitor ke blog miliknya hingga 20.000 pengunjung atau visitor hanya dalam waktu 6 bulan saja.

namun dia sendiri mengaku meskipun pengunjungnya sudah puluhan ribu, ternyata pendapatan adsensenya masih minim, dia mengeluhkan penyebabnya adalah nilai CPC nya sangat kecil sekali, di bawah 0.05$. bahkan blog top level domainnya hampir saja tidak dilanjutkan atau mau di non-aktifkan saja karena kurang menghasilkan dan ingin beralih ke affiliate marketing yang boleh dibilang lumayan katanya.

Selidik punya selidik ternyata visitornya kebanyakan didominasi oleh visitor non-organik, kebanyakan visitornya bersumber dari media sosial, dan cara dia mendapatkan begitu banyak trafik visitor adalah dengan cara menshare setiap artikelnya ke beberapa media sosial yang sudah memiliki banyak follower atau like.

kesimpulannya ternyata trafik non organik memang benar-benar dapat memperkecil nilai CPC, dan ini pernah juga saya alami sendiri, beberapa bulan saya pernah mengintegrasikan salah satu blog milik saya dengan facebook, saya bikin halaman fansfage facebook kemudian saya pasang widget like box facebook pada halaman blog saya, beberapa bulan memang blog tersebut mampu mendatangkan trafik dari media social facebook, namun saya kaget karena semakin hari nilai CPC adsense semakin kecil nyaris dibawah $0.05% bahkan rata-rata $0.04 saja.

Ketika membaca di beberapa forum akhirnya saya sadar bahwa ada yang salah dengan apa yang saya lakukan yaitu mengenai share ke media social, akhirnya saya copot widget likebox facebook dari blog saya dan saya hapus halaman fanspage tersebut. dan ternyata benar nilai CPC mulai kembali merangkak naik.


#C. Kesimpulan

Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan google adsense anda, namun adsense sendiri tidak pernah menjelaskannya secara terperinci, pada umumnya tips untuk meraih kesuksesan di google adsense bisa kita dapatkan dari referensi para blogger yang sudah berpengalaman malang melintang di dunia google adsense, semoga artikel tentang Rahasia Mengoptimalkan Nilai CPC Google AdSense ini bermanfaat.


10 Komentar

avatar

Gan untuk bloger pemula kaya web saya http://anekariawisata.blogspot.co.id/ yang baru 1 postingan dan baru terjun di dunia bloging share artikel perlu gak ya?

Balas
avatar

Artikel yang bagus dan oke punya, nambah pengetahuan tentang GA terima kasih untuk sharingan nya mas.

Balas
avatar

share artikel dapat meningkatkan visitor, namun jika agan hendak daftar adsense, atau agan sudah punya akun google adsense yang terpasang pada blog tersebut, sebaiknya fikir-fikir lagi untuk share manual. banyak sekali terjadi banned pada blog yang masih baru belum banyak visitor, dipasangi adsense kemudian melakukan share manual.

Balas
avatar

gan, saya mau tanya. Kalau filter iklan adsense untuk meningkatkan pendapatan disarankan oleh google tidak? Alasannya apa?

Balas
avatar

Wah baru tw ne.. ternyata organic search dpt mempengaruhi nilai CPC.

Balas
avatar

saya pernah baca kalo iklan text link ads lebih besar cpc nya drpd gambar, apa betul?

Balas
avatar

Bisa iya dan bisa tidak, tergantung dari iklannya, saya malah lebih kecil tapi jumlah klik banyak apalagi di letakan ditengah artikel pos

Balas
avatar

Filter iklan menurut saya hanya akan memperkecil kesempatan berbagai iklan muncul, fasilitas itu hanya digunakan jika memang iklan kurang disukai atau tidak ingin jenis iklan tertentu muncul. google malah memberi peringatan jika memfilter iklan anda akan kehilangan kesempatan untuk menampilkan beberapa iklan yang mungkin bagus

Balas
avatar

Gan, klo web ane udh disetujin untuk pasang iklan adsense. trus kode iklannya ane pasang di blog2 ane yg lain, itu boleh gk yaa Gan. Atau nanti malah ane kena banned dari google Gan?
Thxs b4 utk infonya Gan

Balas
avatar

Sangat bisa gan, bahkan adsense memang menganjurkan seperti itu bahkan bisa dipasang sampai 500 blog lainna yang agan miliki

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.