Fungsi Saluran Khusus (Custom Channel) Google Adsense - Adsense menyediakan fasilitas yang disebut dengan saluran khusus atau custom chanel, saluran khusus bisa meningkatkan nilai CPC jika penggunaanynnya tepat, sebenarnya untuk meningkatkan nilai CPC google adsense ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dari mulai memilih iklan yang baik, lokasi peletakan iklan yang strategis, target visitor yang bersumber mesin pencari google dan masih banyak lagi, namun satu hal yang punya peranan untuk mempengaruhi nilai CPC yang tidak kalah penting, yaitu dengan memantau setiap iklan yang bersangkutan, sehingga kita bisa melakukan banyak eksperimen dan pada akhirnya bisa menentukan jenis unit iklan yang cocok di pasang pada halaman blog yang kita miliki.
 Baca juga: "Cara memaksimalkan pendapatan google adsense

Salah satu yang bisa kita gunakan untuk memonitor setiap unit iklan adalah penggunaan fasilitas saluran khusus pada google adsense. saluran khusus bisa kita anggap sebagai pengelompokan unit-unit iklan yang terpasang di blog atau situs sehingga segala informasi setiap iklan tersebut bisa kita monitor satu-persatu,  kenapa harus menggunakan saluran khusus, karena jika tidak menggunakan saluran khusus, setiap iklan yang kita pasang tidak akan dapat kita ketahui mana iklan yang memiliki kinerja terbaik, mana iklan yang memiliki jumlah klik tertinggi atau mana iklan yang memiliki nilai CPC tertinggi, karena pada umumnya google adsense hanya melaporkan jumlah klik dan nilai klik klik rata-rata untuk seluruh iklan, sehingga kita tidak mengetahui mana dari iklan yang kita pasang yang mendapatkan kinerja terbaik, keculi iklan yang anda pasang hanya satu iklan saja, oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa menggunakan fasilitas saluran khusus.

Memahami Fungsi Saluran Khusus Dalam Google Adsense

berikut beberapa fungsi saluran khusus untuk iklan adsense:

1. Saluran Khusus dapat memonitor kinerja setiap unit iklan

Salah satu fungsi penting saluruhan khusus adalah untuk mengelompokan dan sekaligus memudahkan memonitor kinerja setiap iklan, misal iklan yang kita pasang didalam halaman blog kita sejumlah 3 unit iklan sebagai berikut:
 a. Iklan ukuran 300x250 diatas artikel
 b. Iklan dengan ukuran 300x600 diletakan di sidebar kanan tengah
 c. Iklan dengan ukuran 360x250 di letakan di bawah akhir postingan

Jika ketiga iklan diatas kita pasang tanpa saluran khusus kita akan kesulitan, untuk mengetahi mana dari ketiga iklan diatas yang memiliki kinerja yang paling baik, penyebabnya karena informasi yang di laporkan adsense adalah untuk rata-rata keseluruhan iklan, tidak terperinci satu-satu, oleh karena itu agar kita bisa memonitor kinerja setiap iklan diatas, kita harus membuat saluran khusus, untuk setiap iklan tersebut, nama saluran khusus bisa kita tentukan sesuai dengan keinginan kita 

Misalkan saja, saya akan membuat 3 saluran khusus untuk iklan diatas, saluran khusus untuk iklan a saya kasih nama "Iklan Diatas Artikel", kemudian saluran khusus untuk iklan b, saya kasih nama "Iklan Sidebar Kanan" dan untuk saluran khusus iklan c, saya kasih nama "Iklan Dibawah artikel", setiap saluran khusus paling tidak minimal harus memiliki 1 unit iklan, dan setiap saluran khusus yang kita buat mereferensi ke unit iklan tertentu tergantung pengelompokan yang kita buat, dari saluran khusus yang kita buar diatas, misalkan ketika kita mengigninkan informasi kinerja Iklan yang diletakan Di sidebar kanan, kita pilih saja saluran khusus dengan nama "Iklan Sidebar kanan", kemudian lihat informasi kinerjanya, maka kita akan dengan mudah mengetahui informasinya, begitu juga untuk iklan-iklan yang lainnya yang sudah dibuatkan saluran khususnya. oleh karena itu saluran khusus sangat efektif sekali untuk memonitor kinerja setiap iklan.

2. Dapat menawarkan kepada pengiklan sebagai lokasi penempatan iklan yang ditarget

Fungsi yang kedua adalah dengan menggunakan saluran khusus maka melalui bantuan google adsense, saluran khsusus yang kita buat bisa di informasikan dan tapilkan kepada si pemasang iklan atau advertiser, sehingga ketika pengiklan tertarik dengan data iklan pada saluran khusus yang kita buat baik itu jenis iklan, warna iklan, letak iklan dan atribut iklan lainnya, akan mencoba untuk memasang iklannya pada saluran khusus yang kita buat tersebut melalui google adword. dengan demikian keuntungan yang akan kita dapatkan adalah nilai CPC untuk iklan tersebut relative akan tinggi, semakin banyak para pengiklan tertarik dengan saluran khusus yang kita buat, maka tingkat persaingan diantara advertiser akan semakin besar, seperti halnya sebuah sistem lelang, hanya nilai tawaran CPC tertinggi saja yang akan memperoleh saluran khusus tersebut. efeknya nilai CPC untuk iklan yang muncul pada saluran khusus tersebut akan semakin baik.
Baca juga: 10 faktor yang mempengaruhi pendapatan google adsense

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai Fungsi Saluran Khusus (Custom Channel) Google Adsense, semoga bermanfaat.


Tag : AdSense

11 Komentar

avatar

Waah terimakasih banyak akan saya coba semoga pendapatan saya tambah meningkat :)

Balas
avatar

Cara membuat targetable ad placement yang tepat seperti apa contohnya?

Balas
avatar

thanks sarannya,, lagi pingin belajar banyak tentang cara mengoptimalkan penggunaan custom channel

Balas
avatar

Apakah benar cara saya 1 ads unit untuk banyak custom channel kmd ditaruh di beberapa blog? Trus dr cara saya ini apa bisa dipantau channelnya? Trm ksh

Balas
avatar

Bisa mas, tergantung kenginan mas, tapi sepertinya mas hanya bisa memantau kinerja iklan yang sama untuk setiap blog sehingga blog mana yang terbaik dengan iklan tersebut.

Saya sendiri menggunakan custom canel adalah untuk melihat kinerja jenis iklan, penempatan iklan ybs dan blog mana yang potensial ketika dipasangi iklan tersebut. sehingga setiap chanel, pasti dibuat dengan unit berbeda penempatan berbeda.

untuk analisa kinerja iklan, lebih baik, gunakan kode iklan berbeda, begitu juga jika lokasi peletakan iklan berbeda gunakan nama chanel baru meskipun iklannya sama, begitu juga jika blog yang ditempeli iklan berbeda, gunakan chanel baru meskipun iklannya sama dan penempatannya sama, agar kinerja iklan terpantau.

Balas
avatar

Maaf mau tanya gan, bagaimana cara memaksimalkan costum channel untuk blog bertema gado-gado? terima kasih..

Balas
avatar

Apapun blognya tidak masalah bu.

custom chanel hanya digunakan agar mudah memantau perkembangan setiap iklan yang digunakan.

kita akan mudah sekali memantau pendapatan tiap iklan, jumlah klik tiap iklan dll, informasi yang didapatkan nanti bisa kita evaluasi jika kurang potensial penempatan bisa di ganti atau jenis iklan bisa diganti.

untuk memaksimalkan custom chanel isi saja datanya dengan data yang mudah difahami dan berbeda dengan chanel lainnya agar mudah membedakan, juga isi deskripsi tawaran ke pengiklan dengan kata-kata yang membuat mereka berani untuk memilih saluran kita.

Balas
avatar

Luar biasa, udah saya coba terapin dan hasilnya memuaskan

Balas
avatar

Owalah begitu toh rupanya. Saya sudah menerapkan tapi masih belum paham banget. Terima kasih mas admin pencerahannya.

Balas
avatar

apa bedanya dengan " my ads " gand. Tempat saya masih review tahap 2, di custom channel tertera aktiv terus ( saya pasang 1 saja ), sedang di my ads : kadang muncul kata " baru, siaga ". Apa semua dimasukkan custom channel saja. Saya pasang dg html di template 2 iklan, sedang di default tempalte ada 2. Tahunya setelah dicek dengan tools publisher diagram

Balas
avatar

di my ads itu daftar iklan gan dan belum tentu yang ada pada daftar my ads itu terkait chanel, chanel itu anggap saja pengelompokan iklan-iklan yang akan agan pasang di halaman blognya, chanel opsional bisa buat maupun tidak tidak masalah, namun agar bisa dimonitor lebih baik kaitkan chanel.

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.